Kadiskes Kampar Gelar Pelatihan Manajemen Puskesmas Kabupaten Kampar Tahun 2023.

Pekanbaru, Pelatihan Manajemen Puskesmas Kabupaten Kampar Tahun 2023 dibuka langsung oleh Kepala Dinas Provinsi Riau H. Zainal Arifin, SKM, M. Kes yang di damping oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar dr. Zulhendra Das’at, M.H. Kes. (06/03/23)

Dalam kesempatan itu juga di hadiri oleh Plt. Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Kampar, Haryanto, SKM, MKM, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Ns. Erfan Djunaidi, S. Kep, Kepala Bidang Kesehatan Rujukan, Eselon IV dan Sub. Kor Dinas Kesehatan Kab.Kampar Kepala UPT Puskesmas dan Ka.TU Puskesmas Se-Kabupaten Kampar.

Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama memiliki peran penting dalam sistem kesehatan nasional, khususnya sub sistem upaya kesehatan. Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan upaya perorangan (UKP) tingkat pertama, dengan mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Ia juga menyampaikan Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan. Untuk mencapai pembangunan kesehatan tersebut, Puskesmas mengintegrasikan program yang dilaksanakan dengan pendekatan keluarga (PIS-PK). Keberhasilan pelaksanaan tugas Puskesmas sangat tergantung kepada pengelolaan Puskesmas (Manajemen Puskesmas).

“Keberhasilan pelayanan melalui Puskesmas memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Kampar. Fungsi Puskesmas juga semakin kompleks yaitu sebagai pusat pemberdayaan masyarakat serta pusat kesehatan masyarakat strata pertama”.

Diakhir sambutannya tahun ini Kabupaten Kampar akan melaksanakan reakreditasi di 31 Puskesmas. Akreditasi menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kinerja dan melaksanakan tugas pelayanan Puskesmas.

Mengingat Puskesmas merupakan salah satu Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang difungsikan sebagai gate-keeper dalam pelayanan kesehatan, maka dalam penyelenggaraannya Puskesmas dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat dan perorangan yang paripurna, adil, merata, berkualitas dan memuaskan masyarakat. Untuk dapat menghasilkan kinerja yang optimal, maka seluruh sumber daya harus memahami prinsip-prinsip manajemen.

“Target capaian kita di reakreditasi tahun ini adalah utama dan diharapkan beberapa Puskesmas yang paripurna. Pelatihan Manajemen Puskesmas yang diselenggarakan saat ini adalah salah satu persiapan kita untuk menyongsong reakreditasi”.

(Humas Dinkes).