Bangkinang Kota – Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar mengikuti kegiatan Sosialisasi Peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), dan penguatan nilai-nilai ASN BerAKHLAK tahun 2025.
Kegiatan ini ditaja oleh Bagian Organisasi Tata Laksana (ORTAL) Setda Kampar yang dilaksanakan di ruang rapat lantai III Kantor Bupati Kampar dan dipimpin langsung oleh Asisten III Setda Kampar, Ir. H. Azwan, M.Si.. Selasa (15/7/2025)
Dalam sambutannya, Asisten III menekankan pentingnya sinergi seluruh perangkat daerah dalam meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan berorientasi pada hasil. Ia menyebutkan bahwa SAKIP dan RB bukan hanya kewajiban administratif, tetapi menjadi tolak ukur efektivitas kinerja birokrasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
“Implementasi SAKIP dan RB yang baik tidak hanya berdampak pada nilai evaluasi pemerintah pusat, tetapi juga memberi manfaat langsung kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan yang cepat, tepat, dan transparan,” ujar beliau.
Lebih lanjut, ia juga menegaskan pentingnya penguatan nilai-nilai dasar ASN melalui penginternalisasian core values ASN BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) dalam setiap pelaksanaan tugas dan fungsi aparatur.
Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Kampar termasuk Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Sekretaris Dinkes Arianto, SKM, MPH dan Kasubkor Program Informasi dan Humas H. Ejon Asmanto, SKM, MKM Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kepala Bagian Organisasi Setdaprov Riau, Yeyet Maryati, yang memberikan pemahaman mendalam terkait indikator kinerja, evaluasi RB, serta penguatan budaya kerja ASN.
Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar dapat meningkatkan pemahaman serta komitmen dalam menerapkan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik, sejalan dengan visi pembangunan daerah yang unggul, sejahtera, dan berkeadilan. (Informasi dan Humas Dinkes Kampar/Syams)