Transisi dari liburan akhir pekan ke rutinitas kerja di Hari Senin memang menjadi tantangan tersendiri bagi banyak pegawai kantoran. Tekanan untuk kembali berjibaku dengan tumpukan tugas yang menanti rentan memicu stres, yang apabila tidak dikelola, dapat menurunkan kualitas kinerja dan berdampak buruk pada kesehatan mental.
Menurut ahli, stres adalah respons biologis ketika kita merasa tertekan atau terancam. Bagi para pekerja aktif dan produktif, stres adalah tantangan yang harus dikelola. Mengelola stres dengan baik adalah kunci agar kita bisa tetap optimal dan terhindar dari kondisi yang lebih serius seperti depresi.
Seperti disampaikan oleh pakar kesehatan, stres dapat membuat seseorang sulit berkonsentrasi, bahkan mengganggu pekerjaan, pola tidur dan makan. Jadi, bagaimana cara ampuh mengatasinya?
Mari lakukan 8 Jurus Jitu berikut agar Anda terhindar dari 'Sindrom Senin' dan mampu menghadapi tugas kantor dengan fresh dan energi maksimal
Tips Memulai Aktfitas Kantor di hari Senin
1. Rencanakan Reward Diri Setelah Pulang Kerja
Buat rencana menyenangkan begitu jam kerja usai! Atur waktu bertemu teman, ngopi bareng teman atau sekadar menikmati makanan favorit. Adanya "hadiah" yang dinantikan ini akan menjadi motivasi ekstra, membuat seseorang kembali bersemangat menyelesaikan tugas hari itu.
2. Hindari Obsesi Tuntaskan Semua dalam Sehari
Pekerjaan memang menumpuk setelah weekend, tapi jangan pernah memaksakan diri menyelesaikannya dalam satu hari. Ini hanya akan memicu stres. Tetapkan skala prioritas yang realistis. Kerjakan satu per satu, dan rasakan kepuasan dari penyelesaian setiap tugas kecil.
3. Putar Musik Favorit untuk Relaksasi
Musik adalah terapi instan! Mendengarkan musik terbukti dapat mengurangi ketegangan otot dan menurunkan kadar hormon stres. Putar irama yang disukai, atau pilih musik klasik yang menenangkan untuk membantu tubuh dan pikiran lebih rileks saat bekerja.
4. Tambahkan Porsi Tertawa dalam Keseharian
Humor yang baik adalah obat mujarab! Tertawa tidak hanya meringankan beban mental, tetapi juga memicu perubahan fisik yang positif dalam tubuh sesorang. Tonton tayangan komedi, baca meme lucu, atau bergaul dengan teman yang humoris. Sebarkan tawa di lingkungan kerja!
5. Penuhi Asupan Makanan Sehat
Makanan sehat adalah bagian krusial dari manajemen stres. Mulailah hari dengan sarapan yang kaya nutrisi untuk mood booster instan! Selain sarapan, rencanakan juga menu makan siang yang kaya nutrisi seperti brokoli, bayam, dan buah-buahan yang banyak mengandung Vitamin C. Asupan sehat ini membantu otak berfungsi optimal dan melepaskan seseorang dari tekanan.
6. Cintai Pekerjaan
Pekerjaan akan terasa ringan jika seseorang menyukainya. Seperti pepatah bijak, cintai apa yang kamu kerjakan, dan kerjakan apa yang kamu cintai. Memilih pekerjaan yang sejalan dengan passion akan membuat seseorang bisa menikmati liburan akhir pekan dan tidak merasa tertekan saat harus menghadapinya lagi di hari Senin.
Imbangi keseharian dengan pola hidup sehat, kelola stres dengan baik, dan lakukan 6 tips di atas.
"Ayo, kita jadikan hari Senin sebagai START yang bersemangat, dan tuntaskan tumpukan pekerjaan dengan performa terbaik!" Salam Sehat Untuk Semua.
Penulis : Syams
Editor : Riteska T
Design Kreatif : Syams
Media Informasi dan Humas
